Sunday, September 11, 2011

Udara Bersih Meningkatkan Harapan Hidup

Hasil studi terbaru yang dilakukan Tim peneliti dari Universitas Brigham Young dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Harvard menemukan, udara lebih bersih memperpanjang angka harapan hidup lebih dari lima bulan di 51 kota di AS. Rata-rata angka harapan hidup di kota-kota itu meningkat hampir tiga tahun, lima bulan di antaranya diperoleh karena udara
bersih.


Menurut salah satu tim peneliti,C Arden Pope III, epidemiologis Universitas Brigham Young, terdapat angka yang signifikan bila ada pengurangan polusi udara. ”Kita mendapat hasil investasi substansial dengan memperbaiki kualitas udara. Kita tidak hanya mendapat udara lebih bersih yang memperbaiki lingkungan, tetapi juga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya. Para peneliti membandingkan data itu dengan angka harapan hidup penduduk setempat selama 20 tahun.

Model statistik menghitung faktor lain yang mungkin memengaruhi lama hidup, di antaranya perubahan demografi, penghasilan, migrasi, populasi, pendidikan, dan merokok. Kota-kota dengan polusi paling tinggi dan membersihkan secara ekstensif bisa menambah rata-rata 10 tahun lama hidup penduduknya.

Peraturan untuk udara besih?
Di Jakarta, sebagai kota paling tercemar di Indonesia, memiliki Perda tentang pengendalian pencemaran lingkungan. Peraturan itu tertuang dalam PERDA No. 2/2005. apakah dengan adanya peraturan ini maka udara Jakarta akan mendekati bersih? Perda ini sudah dikeluarkan sejak 16 Februari 2006. Mari kita lihat
hasilnya, hasil kajian JICA (1997) dan ADB RETA (2002) yang mengidentifikasikan emisi gas buang kendaraan bermotor sebagai kontributor utama pencemaran udara di Jakarta.

Sayangnya peraturan ini terkesan tidak serius. Berulang kali Pemerintah DKI berupaya meyakinkan warga bahwa uji emisi mutlak diperlukan demi menanggulangi pencemaran udara di Jakarta. Meskipun tak pernah secara gamblang terungkap berapa besarnya penurunan beban pencemaran yang diharapkan dari kebijakan
tersebut. Demikian dikatakan peneliti Peneliti Kualitas Udara, Associate Researcher Yayasan Pelangi Indonesia, Shanty Syahril.

Dalam penelitian yang dilakukan, uji emisi tidak belum dilakukan oleh seluruh kendaraan yang ada di Jakarta atau melintasi Jakarta. Dan bertambah parah dengan membandelnya angkutan umum yang terkenal paling polutan di jalanan Jakarta. Setidaknya keberadaan informasi di atas memberi secercah kepastian kepada
warga Jakarta kapan sesungguhnya udara bersih akan hadir. Selain itu juga membuka peluang bagi warga Jakarta untuk turut mengawasi pelaksaan kebijakannya dari waktu ke waktu. Apabila berpedoman pada Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal yang ditetapkan Menteri Negara Lingkungan Hidup, paling tidak tahun 2013 warga Jakarta seharusnya sudah dapat menghirup udara bersih sepanjang tahun.

Diharapkan harapan hidup masyarakat akan semakin tinggi dengan hadirnya udara besih di langit Jakarta. Bahkan diseluruh Indonesia. Peran dari seluruh komponen masyarakat menjadi begitu penting. Masalahnya, adakah sosialisasi sudah berjalan baik dan mekanisme kontrol yang efektif? 

sumber : http://www.leadership-park.com/new/green-page/udara-bersih-meningkatkan-harapan-hidup.html


Entri Populer